Kamis, 21 April 2011

situasi & kondisi trans sulawesi rute makassar luwuk

gambar rute versi om google 
Situasi & kondisi trans sulawesi rute makassar luwuk
oleh : iwan

 Disini saya akan menulis tentang kondisi jalan Rute trans sulawesi makassar luwuk,perjalanan ini dikategorikan perjalanan jarak jauh
jarak tempuh kurang lebih 1000 kilometer
(ga tau jelasnya-habis belum perna ngukur he...)
 adapun rute kota/daerah yg dilalui
mulai mks-maros-pangkep-barru-pare pare-lawawoi sidrap-anabanuawajo-siwa-palopo-
mangkutana-ependolo-tentena-tagolu-ampana-bunta-pagimana-luwuk.
 waktu ditempuh dalam umumx 2kali 24 jam ato pling cepatnya 3 kali 12 jam kalau truck bermuatan  biasanya 3 atau 4 mlm
tergantung kondisi jalan di batas sulteng yang sering terjadi longsor serta beberapa daerah
berbukit lainya di sul teng menuju luwuk seperti marowo padapu balingara salodik,dan bunga,
medan tanjakan  ekstrim dijumpai setelah melewati mangkutana (luwu utara),dari makassar hingga mangkutana.
 situasi medan jalan kebanyakan rata dan lurus namun kondisi lalu lintas yang kadang ramai dimana jalur mks-mangkutana banyak dilalui
angkutan umum seperti bis-bis besar serta angkutan umum phanter kijang  serta kendaraan pribadi ,lebar badan jalan jalur ini membuat
sopir truck mesti extra berhatti-hati karna masi adanya jalan yg sempit sementara frekuensi kendaraan yang melewatinya cukup ramai.
 untuk jaga-jaga kita pastikan mengisi bahan bakar full tangki di pertamina mangkutana
soalnya pertamina selanjutnya ada di pendolo (pertamina pendolo masih manual jadi kami jarang mengisi disana)kalau tentena cukup jauh, bahkan beberapa diantara sopir trans sulawesi yang tangki bahan bakarnya kecil (standar)mengisi jerigen minimal 60 liter sebagai cadangan dan buat jaga-jaga soalnya ditentena kadang kehabisan dan mesti masuk pagi2 atau siang begtu juga di pertamina
selanjutnya ampana intinya untuk bahan bakar begitu dapan pomp bensin pertamina usahakan isi dan mesti full soalnya rute ini terkadang kehabisan bbm.
 untuk medan setelah melewati mangkutana memasuki batas sulsel sulteng mulailah tanjakan serta tikungan tikungan serta sempitnya jalan akibat longsor yg
mengharuskan kita exrta hati-hati.ada beberapa  tanjakan yg menjadi barometer kemampuan truck bermuatan kalau bisa melewatinya berarti tanjakan untuk selanjutnya
yakin bisa ,yakni tanjakan pak tahir sebelum batas (masih sulsel) kmudian masewe ( sebelum tentena sul teng) lumayan membuat mesin menangis intinya jangan anggap
sepele karna tanjakan tsb adalah daerah rawan laka.
setelah tentena menuju poso medan jalan yg tadinya rata menjadi berkelok kelok dan menanjak hati-hati karna daerah ini banyak pengendara motor ,
Ditambah lagi sepanjang jalan ini banyak di jumpai warung yang menjual saguer / cap tikus ( minuman keras khas sulteng sulut) yang bebas di jual,kebiasaan penduduk lokal dan kebanyakan sopir
menikmati saguer sebelum mengendara maklum daerah ini sedikit dingin jadi perlu kewaspadaan untuk yang waras utamakan selamat.


sebelum memasuki kota poso tepatnya desa tagolu pertigaan lurus berarti rute menuju toboli palu atau toli-toli buol toboli gorontalo manado bitung dsb
belok kanan berarti rute ampana pagimana luwuk jadi mesti banting kanannnnnn.... :)
daerah ini adalah eks kerusuhan poso beberapa tahun silam jadi jangan heran bila menjumpai banyak rumah yg hancur seperti habis kebakaran
namun sekarang kondisi sudah aman terkendali,setelah memasuki daerah pesisir banano carilah warung untuk rest stop siapkan perut anda untuk menikmati segarnya ikan
dan sea food lainnya ,biasanya perporsi mulai 15-30ribu atau di padapu surganya pecinta sea food  hati-hati warung mahal banyak lho yang biasanya di singgahi bus travel untuk bule bule.biasanya warung wrung murah didaerah ini kelihatan sederhana tapi makannya puass dan mak-nyuss tentu,untuk jelasnya kalau truck banyak yg parkir berarti warung tsb kmungkian murah meriah

 selanjutnya setelah puas makan ikan cumi-cumi plus dabu-dabu perut panas anda akan terguncang karna jalan sepanjang padapu marowo ampana kebayakan longsoran
dan mesti berhati milih jalur lubangnya biar ga terbalik .pastikan ngisi bbm di ampana karna tanjakan daerah balingara lumayan menguras bbm namun tanjakan ini tidak
terlalu eksrim kalau dari arah makassar sebaliknya tanjakannya dirasa ekstrim jika dri arah luwuk-mks ,setelah melewati balingara kita terus disuguhi pemandangan pesisir
serta indahnya bukit bukit daerah ini kota selanjutnya bunta ,sebelum memasuki kota selanjutnya yakni di daerah lobu untuk kendaraan pribadi (yang kelas kecil) anda akan
melewati jembatan tua lobu yang unik klasik beratap seperti lorong panjang sekitar 100san meter, dimana jembatan tua lobu ini adalah peninggalan kolonial belanda
dibangun pada tahun 1940 ,untuk kendaran besar dan berat mesti melalui sungai karena kecilnya jembatan tua tsb kemudian pagimana dari sinilah ikan-ikan laut segar yg
dibawa ke mks melalui rute trans,setelh melewati pagimana medan ekstrimselanjutnya tanjakan pohon mangga (karana pas tanjakan tsb ada pohon mangga dan membentuk tikungan tajam membuat mesin separuh napas)
kmudian bunga salodik hati pas turunan karena daerah ini rawan karna biasanya dianggap sepele pokoknya masukkan gigi rendah dan aktifkan jambret/rem angin.
 pastikan rem anda dalam kondisi sehat untuk melewti daerah ini setelah itu anda akan memsuki jalan rata berarti anda sudah memasuki daerah luwuk siap-siap di tahan di
petugas DLLAJ/Dishub karena daerah ini mempunyai perda untiuk kendaraan yg melintas dikenakan biaya sesuai perda tsb .untuk amannya beli saja paket perda yg singkat
kemudian selamat datang di luwuk anda akan disambut pemandangan pesisir luwuk yang indah.

mudah-mudahan tulisan ini bermamfaat sebagai referensi bagi yang ingin berpergian mks luwuk jalur  darat,lebih dan kurangnya mohon dimaafkan,, silahkan tinggalkan komentar anda untuk pertanyaan seputar pembahasan diatas,sampai ketemu di post pembahasan  kondisi & rute trans sulwesia yg lain selanjuttnya ,berikut beberapa gambar jalan  / medan yang diambil langsung dalam salah satu perjalanan kami ke luwuk.
salam truckmania.
jembatatan tua lobu pagimana sulteng
jalan baru sebelum padapu sulteng
daerah batas sulsel sulteng kadang berkabut
bongkahan longsoran antara bunta ampana
salah satu longsoran antara padapu marowo